Kabel Putus di Taiwan, Internet Bakal Lelet?  

Posted by tutorit in ,

akarta - Kabel bawah laut jaringan internet internasional di Taiwan kembali mengalami gangguan. Dikhawatirkan hal ini akan membuat koneksi internet di Asia Tenggara terganggu alias lambat.

Sambungan yang putus terjadi pada kabel bawah laut di Taiwan. Hal ini mengingatkan pada kejadian serupa di akhir 2006 yang sempat membuat koneksi internasional di Indonesia mati.

Seperti dikutip detikINET dari CommsDay, Kamis (13/8/2009), belum ada detil mengenai kabel mana saja yang terpengaruh. Namun diduga gangguan terjadi pada empat sambungan internasional utama APCN, APCN2, EAC dan SMW3.

Sambungan APCN2 yang dilaporkan terputus adalah yang menghubungkan China dengan Taiwan. Putusnya sambungan ini diyakini akan berpengaruh langsung pada koneksi di Asia Tenggara.

Gangguan lain, dilaporkan ComputerWorld, terjadi pada sambungan antara Hong Kong dan Taiwan serta sambungan antara Singapura dan Malaysia. Sambungan EAC pun dilaporkan mengalami beberapa gangguan pada sambungan antara Taiwan dan Hong Kong.

Topan Morakot diduga jadi penyebab putusnya kabel-kabel bawah laut itu. Belum bisa dipastikan seperti apa dampak putusnya kabel laut ini pada koneksi internet internasional di Indonesia.

sumber

This entry was posted on Thursday, August 13, 2009 at 12:37 PM and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 comments

Post a Comment